Sari Kacang Kedelai
0

Sari Kacang Kedelai

Sari kacang kedelai biasa disebut juga susu kacang kedelai karena berupa cairan yang terbuat dari extract kacang kedelai. Mengandung protein yang tinggi dan bermutu. Berikut adalah resep pembuatannya untuk sekitar 18 liter sari kacang hijau

 

Bahan Sari Kacang Hijau :

 

Kacang kedelai, 1 kg

Sodium bicarbonat, 1 gram

Air biasa, 3 liter, untuk perendam

Air hangat, 18 liter

Gula pasir, 2 kg

Garam, secukupnya

Daun pandan atau vanili secukupnya

 

Proses Pembuatan Sari Kacang Hijau :

1. Proses Sortasi

Proses ini adalah proses pemisahan biji kacang kedelai yang baik dari kotoran dan kacang kedelai yang rusak ( pecah, keriput, dan berjamur ) agar sari kacang kedelai rasanya enak.

2. Proses Perendaman

Setelah kacang kedelai dipilih harus direndam lebih dahulu agar perebusan dan penggilingan berlangsung lebih cepat. Untuk merendam kacang kedelai sebaiknya tambahkan larutan dari Sodium Bicarbonate agar kacang kedelai tidak mudah asam saat direndam. Untuk 1 kg kacang kedelai diperlukan 1 gram Sodium Bicarbonate dengan 3 liter air. Waktu perendaman adalah 4 jam.

3. Proses Perebusan

Sebelum direbus, cuci kacang kedelai hingga bersih dan tidak licin, baru direbus hingga lunak tapi tidak hancur selama sekitar 30 menit. Proses perebusan ini bertujuan untuk menghilangkan bau langu dan melunakkan kacang kedelai, agar lebih mudah dihancurkan saat proses penggilingan.

4. Proses Pembuatan

Ini adalah proses inti dari pembuatan sari kacang kedelai. Setelah kacang kedelai lunak masukkan dalam blender dengan menambahkan air hangat sebanyak 18 liter kemudian saring dengan kain kasa halus. Kalau ada mesin pisah ampas akan lebih baik, supaya diperoleh cairan sari kacang kedelai yang terpisah dari ampasnya.

5. Proses Pemasakan Sari Kacang Hijau

Selanjutnya rebus dengan bahan perasa yang lain ( gula pasir, daun pandan / vanili dan garam ) hingga mendidih sambil diaduk agar tidak pecah. Kalau perlu kecilkan api setelah mendidih dan teruskan merebus hingga 20 menit. Apabila mau rasa yang lebih sedap bisa ditambahkan santan kental, sedang jika ingin warnanya bagus bisa ditambahkan pewarna hijau alami ( daun suji ) atau pewarna makanan hijau apel ( apple green ) secukupnya.

6. Proses Pengemasan

Sari kacang kedelai yang sudah dimasak, bisa dikemas dalam botol atau cup sealer. Sari kacang kedelai sebaiknya dikemas pada suhu 80 derajat celcius agar tidak cepat rusak. Jika menggunakan cup dan dipres dengan cup sealer sebaiknya rendam cup berisi sari kacang hijau pada suhu ruang untuk mengetahu ada kebocoran atau tidak dan untuk mendinginkan sari kacang kedelai dalam kemasan. Untuk memperpanjang masa simpan, simpan dalam lemari es. (fir.09)

Incoming search terms:

agen kacang kedelai di jakarta (30);Manfaat sodium bicarbonate untuk merendam kacang hijau (1);manfaat sodium bicarbonate untuk merendam kedelai (1);manfaat Sodium Bikarbonat untuk merendam kacang hijau (1);mengapa kedelai di rendam (1);Mengapa kedelai harus direndam (1);pemasakan kacang kedelai (1);pemasakan sari kacana kedelai (1);proses pemasakan kacang kedelai (1);sari kedelai (1);

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>