Cara Pembuatan Tahu
0

Cara Pembuatan Tahu

Anda tentu kenal dengan makanan olahan dari kacang kedelai ini, warnanya putih dan enak rasanya, yah Tahu. Tahu adalah makanan yang di buat dari olahan kacang kedelai yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan beberapa daerah menjadikan Tahu ini sebagai icon kota mereka. Sebut saja tahu sumedang, siapa yang tak kenal tahu sumedang, rasanya gurih dan bergizi pula, tapi tahukan anda cara pembuatan tahu?

Nah! bila anda ingin tahu ada baik nya anda simak artikel berikut ini.

Bila anda ingin membuat tahu:

1. Pertama-tama kedelai ditampi untuk dipilih biji yang besar.

2. Kedelai dicuci, lalu direndam dalam air besar selama enam jam.

3. Kedelai dicuci lagi selama setengah jam.

4. Kedelai disosoh dan dipecah menggunakan MESIN PEMECAH KEDELAI

5. Kemudian digiling sampai halus, menggunakan MESIN GILING KEDELAI PISAH AMPAS, dan susu kedele mengalir ke dalam tong penampung.

6. Susu kedelai langsung direbus sampai mendidih di dalam mesin pemasak berukuran besar.

7. Susu kedelai lalu dipindahkan dari wajan ke bak atau tong untuk disaring dengan kain belacu atau kain mori kasar yang telah diletakkan pada sangkar bambu. Agar semua sari dalam susu kedelai tersaring semua, pada kain itu diletakkan sebuah papan kayu dan seseorang naik di atasnya dan menggoyang-goyangnya. Limbah penyaringan, yang disebut ampas tahu, diperas lagi dengan menyiram air dingin, sampai tidak mengandung sari lagi. Penyaringan dilakukan berkali-kali hingga bubur kedelai habis.

8. Air saringan yang tertampung dalam tong warna kuning atau putih dicampur dengan asam cuka agar menggumpal. Selain asam cuka, dapat juga ditambahkan air kelapa, atau cairan whey (air sari tahu bila tahu telah menggumpal) yang telah dieramkan, atau bubuk batu tahu (sulfat kapur).

9. Air asam dipisahkan dari gumpalan atau jonjot putih dan disimpan, sebab masih dapat digunakan lagi. Gumpalan atau jonjot tahu yang mulai mengendap dituangkan dalam CETAKAN TAHU DARI KAYU dan dialasi kain belacu. Adonan tahu kotak dikempa selama satu menit, sehingga air yang masih tercampur dalam adonan tahu itu terperas habis. Adonan tahu berbentuk kotak yang sudah padat dipotong-potong, misalnya dengan ukuran 6 x 4 cm2. Tahu pun siap dijual.

Demikianlah tips dari kami. Apabila anda ingin mengetahui tentang olahan dari kedelai lainnya, kunjunginlah terus blogs kami. Selamat mencoba.

(fir.06)

Incoming search terms:

cara membuat tahu dari kacang hijau (38);cara membuat tahu kacang hijau (35);makalah pembuatan tahu (23);tahu dari kacang hijau (21);pembuatan tahu dari kacang hijau (11);makalah pembuatan tahu download (10);cara bikin tahu kacang ijo (3);tahu dari kacang kedelai beserta gambar (1);olahan kacang hijau untuk pembuatan tahu (1);bagan cara pembuatan tahu dari kacang hijau (1);

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *