Cara Memanen Kedelai Dengan Metode Cabut dan Memotong
0

Cara Memanen Kedelai Dengan Metode Cabut dan Memotong

Kedelai sangati di kenal di Indonesia. Selain kualitas nya yang baik dan jug khasiat kedelai itu sendiri. Cara pemanenan kedelaipun harus diperhatikan. Pemanenan dan pemungutan hasil kedelai dilakukan pada saat tidak hujan, agar hasilnya segera dapat dijemur dan dapat segera dimanfaatkan. Ada dua cara memanen kedelai yaitu:

1. Pemungutan dengan cara mencabut

Sebelum tanaman kedelai dicabut, keadaan tanah perlu diperhatikan terlebih dulu. Pada tanah ringan dan berpasir, sehingga proses pencabutan akan lebih mudah. Cara pencabutan tanaman kedelai yang benar adalah dengan memegang batang poko, tangan dalam posisi tepat di bawah ranting dan cabang yang berbuah. Pencabutan harus dilakukan dengan hati-hati sebab kedelai yang sudah tua mudah sekali rontok bila tersentuh tangan.

2. Pemungutan dengan cara memotong

Alat yang biasanya digunakan untuk memotong adalah sabit yang cukup tajam, sehingga tidak terlalu banyak menimbulkan goncangan. Di samping itu dengan alat pemotong yang tajam, pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat dan dapat mengurangi jumlah buah yang rontok akibat goncangan. Pemungutan dengan cara memotong bisa meningkatkan kesuburan tanah, karena akar dengan bintil- bintilnya yang menyimpan banyak senyawa nitrat tidak ikut tercabut, melainkan akan tertinggal di dalam tanah. Pada tanah yang keras, pemungutan dengan cara mencabut sukar dilakukan, dikarenakan tanah yang keras apabila di cabut akan susah dan dapat merontokan biji kedelai yang sudah tua . apabila di tanah keras hendaklah memakai metode memotong sehingga pemanenan akan lebih cepat.

Mengingat kemasakan buah tidak serempak, dan untuk menjaga agar buah yang belum masak benar tidak ikut dipetik, pemetikan sebaiknya dilakukan secara bertahap, beberapa kali. Demikianlah tips dari kami apabila anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kedelai sering-seringlah kunjungin website kami. Selamat mencoba.(fir.02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *